Teh

 TEH

Daun Teh

Tentang teh

Tanaman teh umumnya di perkebunan, dipanen secara manual, dan dapat tumbuh pada ketinggian 200-2.300 m dpl. Teh berasal dari kawasan India bagian utara dan Cina selatan. Ada dua kelompok varietas teh yang terkenal yaitu varietas assamica yang berasal dari Assam dan varietas sinensis yang berasal dari Cina. Varietas assamica daunnya agak besar dengan ujung yang runcing, sedangkan varietas sinensis daunnya lebih kecil dan ujungnya agak tumpul.

Pohon kecil, karena seringnya pemangkasan maka tampak seperti perdu. Bila tidak dipangkas, akan tumbuh kecil ramping setinggi 5-10 m, dengan bentuk tajuk seperti kerucut. Batang tegak, berkayu, bercabang-cabang, ujung ranting dan daun muda berambut halus. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berseling, helai daun kaku seperti kulit tipis, bentuknya elips memanjang, ujung dan pangkal runcing, tepi berigi halus, pertulangan menyirip, panjang 6-18 cm, lebar 2-6 cm, warna hijau, permukaan mengilap. Bunga diketiak daun, tunggal atau beberapa bunga digabung menjadi satu, berkelamin dua, garis tengah 3-4 cm, warnanya putih cerah dengan kepala sari berwarna kuning, harum. Buahnya buah kotak., berdinding tebal, pecah menurut ruang, masih muda hijau, setelah tua cokelat kehitaman. Biji keras, 1-3. Pucuk dan daun muda yang digunakan untuk pembuatan minuman teh. Perbanyakan dengan biji, stek, sambungan/ cangkokan.

Sifat dan khasiat

Daun berbau aromatik dan sedikit pahit. Berkhasiat sebagai peluruh kencing, stimulansia jantung, menstimulir susunan saraf pusat, penyegar badan, berkhasiat sebagai astringen pada saluran cerna.

Bagian yang digunakan

Daun

Indikasi

  • Sakit kepala,
  • Diare,
  • Penyubur dan menghitamkan rambut,
  • Kencing manis,
  • Infeksi saluran cerna

Cara pemakaian

Daun teh kering sebanyak 4-7 g diseduh dengan air panas, minum sewaktu hangat/ setelah dingin. Pemakaian luar, daun segar dicuci bersih lalu digiling halus. Diturapkan pada luka yang berdarah, lalu dibalut.

Contoh pemakaian

1. Diare

Daun teh yang masih muda dan segar sebanyak 20 g dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.

2. Penyubur dan menghitamkan rambut

Air teh kental sebanyak 1 cangkir dirembunkan. Keesokan paginya air teh ini siap dipakai untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat. Lakukan 1 kali sehari, sampai kelihatan hasilnya.

3. Sakit kepala

Air teh kental ¾ cangkir, diberi air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh dan madu 1 sendok makan. Aduk hingga merata, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3  kali sehari

4. Infeksi saluran cerna

Daun teh kering sebanyak 7 g diseduh dengan air panas. Biarkan selama 10 menit, minum selagi hangat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s