Daun sendok

Daun sendok

Daun Sendok

Tentang Daun Sendok

Daun sendok merupakan gulma di perkebunan teh dan karet, atau tumbuh liar di hutan. Dan halaman berumput yang agak lembap, kadang ditanam dalam pot sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan ini berasal dari daratan Asia dan Eropa, dapat ditemukan dari daratan rendah sampai ketinggian 3.300 m dpl. Tumbuhan obat ini merupakan salah satu dari 9 tumbuhan obat yang dianggap sakral di Anglo Saxon.

Tumbuh tegak, daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar. Bentuk daun bundar telur sampai lanset melebar, tepi rata atau berigi kasar tidak teratur, permukaan licin atau sedikit berambut, pertulangan melengkung, panjang 5-10 cm, lebar 4-9 cm warnanya hijau. Perbungaan majemuk tersusun dalam bulir yang panjangnya sekitar 30 cm, kecil-kecil, warna putih. Buah lonjong atau bulat telur, berisi 2-4 biji berwarna hitam dan keriput. Daun muda bisa dimasak sebagai sayuran. Perbanyakan dengan biji.

Sifat dan khasiat

Herba ini bersifat manis dan dingin. Berkhasiat sebagai antiradang, antiseptik, pereda demam, peluruh kencing, peluruh dahak, astringen, menerangkan penglihatan dengan menormalkan aktivitas organ hati yang berlebihan dan menghilangakan haus.

Biji bersifat manis, dingin, masuk merisian ginjal, hati, usus halus dan paru-paru. Berkhasiat sebagai diuretik, afrodisiak, menyehatkan paru, ekspektoran, pencahar, meredakan panas hati dan menerangkan penglihatan. Rebusan biji meneingkatkan penegeluaran urea, asam urat, dan sodium chloride.

Bagian yang digunakan

Herba, biji, akar. Biji dikumpulkan setelah masak lalu digongseng atau digongseng dengan air asin.

Indikasi

  • Herba berkhasiat untuk mengatasi:
  1. Batu empedu, batu ginjal,
  2. Radang prostat,
  3. Radang mata merah,
  4. Kencing manis.
  • Akar berkhasiat untuk:
  1. Keputihan
  2. Nyeri otot
  • Biji berkhasiat untuk mengatasi:
  1. Gangguan pencernaan pada anak,
  2. Diare, disentri,
  3. Cacingan,
  4. Penglihatan kabur,
  5. Sakit kuning.

Cara pemakaian

Herba kering sebanyak10-15 g atau yang segar sebanyak 15-30 g direbus, lalu diminum airnya. Bisa juga herba segar ditumbuk lalu diperas dan disaring untuk diminum. Untuk pemakaian bijinya, siapkan 10-15 g biji daun sendok, lalu direbus dan diminum airnya.

Untuk pemakaian luar dengan cara direbus, lalu airnya untuk kumur-kumur padang radang gusi dan sakit tenggorokan. Bisa juga digunakan dengan cara digiling halus, lalu dibuat salep untuk mengatasi bisul, abses, dan koreng.

Contoh pemakaian

  • Kencing berdarah

Herba daun sendok segar dicuci lalu ditumbuk sampai lumat. Peras dan saring sampai airnya terkumpul 1 gelas. Minum sebelum makan.

  • Mimisan

Daun sendok segar sebanyak 15 g dicuci lalu ditipis.

Seduh dengansecangkir air panas. Setelah dingin diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus.

  • Batuk sesak, batuk darah

Herba daun sendok segar sebanyak 60 g dicuci lalu tambahkan air bersih sampai terendam dan 30 g gula batu. Ditim sampai mendidih selam 15 menit. Minum selagi hangat.

  • Bronkitis

Herba daun sendok segar sebanyak 30 g dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Lakukan selama 1-2 minggu.

  • Luka berdarah

Herba daun sendok segar secukupnya dicuci lalu ditumbuk. Setelah halus dan diperas. Air yang terkumpul digunakan untuk mengkompres lukanya.

  • Keputihan

Akar daun sendok sebanyak 10 g dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan air cucian beras ketan secukupnya sambil diaduk merata. Peras dan saring, hasilnya diminum sekaligus.

Manfaat daun sendok

Daun sendok memang memiliki banyak manfaat luar biasa yang dapat dijadikanobat segala macam penyakit luar maupun dalam. Meskipun sebagian masyarakat tidak banyak tahu manfaat dan kegunaan daun sendok ini. Untuk itu kenali dan amatilah tumbuhan yang ada disekitar tempat tinggal kita, karena obat-obatan medis belum tentu berkhasiat dan memberikan kesembuhan alami tanpa efek samping, namun berbeda dengan tanaman herbal yang dapat digunakan secara terus-menerus karena tidak memiliki senyawa buatan, tidak memiliki efek samping negatif, tanpa bahan pengawet campuran lainnya sehingga tidak akan membuat kita ketergantungan dan mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s